Latest Movie :

Cin(T)a


SINOPSIS
Cin(T)a merupakan sebuah film indie,  berlatar kehidupan mahasiswa di Bandung pada tahun 2000 dimana kerukunan beragama saat itu diuji dalam hari raya Idul Fitri dan Natal yang dirayakan hampir bersamaan. Berlatar masalah keyakinan inilah, dalam film ini disuguhkan banyak sekali bukti nyata perbedaan-perbedaan agama lengkap dengan pemaparan diskusi yang dilakukan oleh Cina dan Anisa dalam memandang tuhan mereka masing-masing akan cinta kepada-Nya secara terbuka, berani dan frontal.

Dalam film ini juga disuguhkan cuplikan interview pada beberapa pasangan beda keyakinan, baik sahabat, pasangan yang baru bepacaran, menikah beberapa bulan, dan bahkan yang sudah berpuluh-puluh tahun dengan anak cucu mereka mengenai pandangan mereka mengenai cinta, keyakinan dan Tuhan masing-masing yang mereka sebut dengan sebutan berbeda namun menyatukan mereka. Cuplikan interview ini menurut saya mampu membuat nilai lebih pada film yang memang bisa dikatakan mengangkat tema cukup berat dan langka ini, sebagai contoh, referensi dan seolah menambah teka-teki untuk kita menebak jalan cerita dan penyelesaian film.

Mengangkat tema serius ternyata tidak membuat film ini menjadi berat dan susah untuk dikonsumsi, melainkan mengajak kita untuk masuk dan berada dalam situasi yang diciptakan dalam film dengan keyakinan yang kita anut dan menikmati setiap scene, dialog, dan masalah yang ditimbulkan. Apalagi didukung dengan penciptaan karakter Cina yang optimis namun kerap memperlihatkan sisi humorisnya sehingga mampu mengundang tawa.

Sisi musical film ini pada pengisian beberapa lagu soundtrack oleh Homogenic dan music scoring sebenarnya cukup mampu membuat film ini berjalan beriringan sesuai dengan alur, jalan cerita dan suasana yang ditampilkan dalam setiap scnenenya, terkesan romantis dan mampu mengoyak suasana hati penonton. Namun sayangnya, segi teknik penataan suara sepertinya masih butuh belajar lagi untuk menyuguhkan kualitas sound yang lebih baik. Hal ini terlihat dari beberapa dialog yang kurang bisa terdengar jelas dan malah terganggu oleh suara-suara bising sekitar.

Secara keseluruhan, cin(T)a berhasil memberikan suguhan menarik, sangat menghibur yang sarat penuh makna dan mampu membuka mata dan pikiran kita untuk tidak serta merta tutup mata dan angkat tangan mengenai perbedaan yang kerap memicu konflik di Negara ini. Selain itu, film ini juga mampu memberikan sebuah cerita cinta yang lain dan jarang untuk ditampilkan, dengan begitu rumitnya masalah dan konflik yang timbul namun tetap tidak meninggalkan sisi romatis membuat film yang meraih Piala Citra FFI 2009 untuk penulisan naskah terbaik ini benar-benar akan sangat sayang untuk dilewatkan. (https://ardnas20.wordpress.com/2010/08/09/cinta-indonesia2009/)

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FILM AND GAMES "KUBU RAYET" - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger